Selamat datang di Blog Saya
Saya akan membahas Beberapa Model-model Life Cycle Software yang terdapat dalam IMK
Model- Model seperti apa saja kah itu??
Adapun berbagai model pada life cycle software :
- Waterfall
- V-Model
- Simple Interaction Design Model
- Star Life cycle Model
MODEL WATERFALL
1. Sejarah model waterfall
Nama model ini sebenarnya adalah “Linear Sequential Model”. Model ini sering disebut dengan “
classic life cycle ” atau model waterfall. Model ini pertama kali yang diperkenalkan oleh Winston Royce sekitar tahun 1970 sehingga sering dianggap kuno, tetapi merupakan model yang paling banyak dipakai didalam Software Engineering (SE). Model ini melakukan pendekatan secara sistematis dan berurutan. Disebut dengan waterfall karena tahap demi tahap yang dilalui harus menunggu selesainya tahap sebelumnya dan berjalan berurutan.
2. Pengertian Waterfall
Waterfall atau AIR terjun adalah model yang dikembangkan untuk pengembangan perangkat lunak, membuat perangkat lunak. model berkembang secara sistematis dari satu tahap ke tahap lain dalam mode seperti air terjun. Model ini mengusulkan sebuah pendekatan kepada pengembangan software yang sistematikdan sekuensial yang mulai dari tingkat kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian dan pemeliharaan. Model ini melingkupi aktivitas-aktivitas sebgai berikut : rekayasa dan pemodelan sistem informasi, analisis kebutuhan, desain, koding, mengujian dan pemeliharaan. Model pengembangan ini bersifat linear dari tahap awal pengembangan system yaitu tahap perencanaan sampai tahap akhir pengembangan system yaitu tahap pemeliharaan. Tahapan berikutnya tidak akan dilaksanakan sebelum tahapan sebelumnya selesai dilaksanakan dan tidak bisa kembali atau mengulang ke tahap sebelumnya
3. Karakteristik
Dalam model ini terdapat beberapa sifat-sifat yang menojol dan cenderung menjadi permasalahan pada model waterfall.
A. Ketika problem muncul, maka proses berhenti karena tidak dapat menuju ke tahapan selanjutnya. Apabila terdapat kemungkinan problem tersebut muncul akibat kesalahan dari tahapan sebelumnya, maka proses harus membenahi tahapan sebelumnya agar problem ini tidak muncul.
B. Karena pendekatannya secarasequential , maka setiap tahap harus menunggu hasil dari tahap sebelumnya. Hal itu tentu membuang waktu yang cukup lama, artinya bagian lain tidak dapat mengerjakan hal lain selain hanya menunggu hasil dari tahap sebelumnya.
4. Teori-teori lama menyimpulkan ada beberapa hal, yaitu:
a. Ketika semua persyaratan sudah dipahami dengan baik di awal pengembangan.
b. Definisi produk stabil dan tidak ada perubahan saat pengembangan untuk alasan apapun seperti perubahan eksternal, perubahan tujuan, perubahan anggaran atau perubahan teknologi. Untuk itu, teknologi yang digunakan pun harus sudah dipahami dengan baik.
c. Menghasilkan produk baru, atau versi baru dari produk yang sudah ada. Sebenarnya, jika menghasilkan versi baru maka sudah masuk incremental development, yang setiap tahapnya sama dengan Waterfall kemudian diulang-ulang.
d. Porting produk yang sudah ada ke dalam platform baru.
Dengan demikian, Waterfall dianggap pendekatan yang lebih cocok digunakan untuk proyek pembuatan sistem baru. Tetapi salah satu kelemahan paling dasar adalah menyamakan pengembangan perangkat keras dengan perangkat lunak dengan meniadakan perubahan saat pengembangan. Padahal, galat diketahui saat perangkat lunak dijalankan, dan perubahan-perubahan akan sering terjadi.
5. Tahapan atau fase model waterfall
Ini adalah gambar tahapan atau fase yang paling umum tentang model waterfall Akan tetapi Roger S. Pressman memecah model ini menjadi 6 tahapan meskipun secara garis besar sama dengan tahapan-tahapan model waterfall pada umumnya. Berikut adalah Gambar dan penjelasan dari tahap-tahap yang dilakukan di dalam model ini menurut Pressman:
a. System / Information Engineering and Modeling
. Permodelan ini diawali dengan mencari kebutuhan dari keseluruhan sistem yang akan diaplikasikan ke dalam bentuk software. Hal ini sangat penting, mengingat software harus dapat berinteraksi dengan elemen-elemen yang lain seperti hardware, database, dsb. Tahap ini sering disebut dengan Project Definition.
b. Software Requirements Analysis
. Proses pencarian kebutuhan diintensifkan dan difokuskan pada software. Untuk mengetahui sifat dari program yang akan dibuat, maka para software engineer harus mengerti tentang domain informasi dari software, misalnya fungsi yang dibutuhkan, user interface, dsb. Dari 2 aktivitas tersebut (pencarian kebutuhan sistem dan software) harus didokumentasikan dan ditunjukkan kepada pelanggan.
c. Design
. Proses ini digunakan untuk mengubah kebutuhan-kebutuhan diatas menjadi
representasi ke dalam bentuk “blueprint” software sebelum coding dimulai
. Desain harus dapat mengimplementasikan kebutuhan yang telah disebutkan pada tahap sebelumnya. Seperti 2 aktivitas sebelumnya, maka proses ini juga harus didokumentasikan sebagai konfigurasi dari software.
d. Coding
. Untuk dapat dimengerti oleh mesin, dalam hal ini adalah komputer, maka desain tadi harus diubah bentuknya menjadi bentuk yang dapat dimengerti oleh mesin, yaitu ke dalam bahasa pemrograman melalui proses coding. Tahap ini merupakan implementasi dari tahap design yang secara teknis nantinya dikerjakan oleh programmer.
e. Testing / Verification
. Sesuatu yang dibuat haruslah diujicobakan. Demikian juga dengan software. Semua fungsi-fungsi software harus diujicobakan, agar software bebas dari error, dan hasilnya harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang sudah didefinisikan sebelumnya.
f. Maintenance .
Pemeliharaan suatu software diperlukan, termasuk di dalamnya adalah pengembangan, karena software yang dibuat tidak selamanya hanya seperti itu. Ketika dijalankan mungkin saja masih ada errors kecil yang tidak ditemukan sebelumnya, atau ada penambahan fitur-fitur yang belum ada pada software tersebut. Pengembangan diperlukan ketika adanya perubahan dari eksternal perusahaan seperti ketika ada pergantian sistem operasi, atau perangkat lainnya.
6. Tahap Pengembangan Waterfal
Tahap – tahap pengembangan waterfall model adalah :
Analisis dan definisi persyaratan Pelayanan, batasan, dan tujuan sistem ditentukan melalui
konsultasi dengan user.
Perancangan sistem dan perangkat lunak Kegiatan ini menentukan arsitektur sistem secara
keseluruhan.
Implementasi dan pengujian unit Perancangan perangkat lunak direalisasikan sebagai serangkaian
program.
Integrasi dan pengujian sistem Unit program diintegrasikan atau diuji sebagai sistem yang lengkap
untuk menjamin bahwa persyaratan sitem telah terpenuhi
Operasi dan pemeliharaan Merupakan fase siklus yang paling lama. Sistem diinstall dan dipakai.
Perbaikan mencakup koreksi dari berbagai error, perbaikan dan implementasi unit sistem dan
pelayanan sistem.
7. Permasalahan Yang Ada Di Pengembangan Waterfal
Sebagai akibat dari biaya pembuatan dan persetujuan dokumen, iterasi menjadi mahal dan
melibatkan pengerjaan ulang yang signifikan. Dengan demikian, setelah sejumlah iterasi kecil,
normal membekukan bagian dari pengembangan seperti spesifikasi. Masalah-masalah "
dikesampingkan, diabaikan atau dihindari untuk pemecahan kemudian. Pembekuan persyaratan
dini ini bisa berarti bahwa sistem tidak dapat melakukan seperti yang diinginkan user.
Sistem memiliki struktur yang buruk jika masalah perancangan dihindari dengan trik
implementasi. Dengan demikian pada fase akhir perangkat lunak digunakan, error dan
penghapusan persyaratan perangkat lunak yang asli akan ditemukan.
Terjadinya pembagian proyek menjadi tahap-tahap yang tidak fleksibel. Komitmen harus
dilakukan pada tahap awal proses dan akan sulit bagi perekayasa untuk menanggapi perubahan
persyaratan pelanggan
8. Keuntungan dari Model Waterfall
a. Merupakan model pengembangan paling handal dan paling lama digunakan.
b. Cocok untuk system software berskala besar.
c. Cocok untuk system software yang bersifat generic.
d. Pengerjaan project system akan terjadwal dengan baik dan mudah dikontrol
9. Kelemahan Waterfall
a. Waktu pengembangan lama. hal ini dikarenakan input tahap berikutnya adalah output dari tahap
sebelumnya. Jika satu tahap waktunya molor, maka waktu keseluruhan pengembangan juga ikut
molor.
b. Biaya juga mahal, hal ini juga dikarenakan waktu pengembangan yang lama
c. Terkadang perangkat lunak yang dihasilkan tidak akan digunakan karena sudah tidak sesuai dengan
requirement bisnis customer. hal ini juga dikarenakan waktu pengembangan yang lama. selain itu
dikarenakan waterfall merupakan aliran yang linear, sehingga jika requirement berubah proses
tidak dapat diulang lagi.
d. Karena tahap-tahapan pada waterfall tidak dapat berulang, maka model ini tidak cocok untuk
pemodelan pengembangan sebuah proyek yang memiliki kompleksitas tinggi.
e. Meskipun waterfall memiliki banyak kelemahan yang dinilai cukup fatal, namun model ini
merupakan dasar bagi model-model lain yang dikembangkan setelahnya
MODEL-V
Pengertian Model V
Model ini merupakan perluasan dari model waterfall.
Disebut sebagai perluasan karena tahap-tahapnya mirip dengan yang terdapat
dalam model waterfall. Jika dalam model waterfall proses dijalankan secara
linear, maka dalam model V proses dilakukan bercabang. Dalam model V ini
digambarkan hubungan antara tahap pengembangan software dengan tahap
pengujiannya.
Berikut penjelasan masing-masing tahap beserta tahap
pengujiannya:
1. Requirement Analysis & Acceptance
Testing
Tahap Requirement Analysis sama
seperti yang terdapat dalam model waterfall. Keluaran dari tahap ini adalah
dokumentasi kebutuhan pengguna.
Acceptance Testing merupakan tahap yang akan mengkaji apakah
dokumentasi yang dihasilkan tersebut dapat diterima oleh para pengguna atau
tidak.
2. System Design & System Testing
Dalam tahap ini analis sistem mulai
merancang sistem dengan mengacu pada dokumentasi kebutuhan pengguna yang sudah
dibuat pada tahap sebelumnya. Keluaran dari tahap ini adalah spesifikasi
software yang meliputi organisasi sistem secara umum, struktur data, dan yang
lain. Selain itu tahap ini juga menghasilkan contoh tampilan window dan juga
dokumentasi teknik yang lain seperti Entity Diagram dan Data Dictionary.
3. Architecture Design &
Integration Testing
Sering juga disebut High Level
Design. Dasar dari pemilihan arsitektur yang akan digunakan berdasar kepada
beberapa hal seperti: pemakaian kembali tiap modul, ketergantungan tabel dalam
basis data, hubungan antar interface, detail teknologi yang dipakai.
4. Module Design & Unit
Testing
Sering juga disebut sebagai Low
Level Design. Perancangan dipecah menjadi modul-modul yang lebih kecil. Setiap
modul tersebut diberi penjelasan yang cukup untuk memudahkan programmer
melakukan coding. Tahap ini menghasilkan spesifikasi program seperti: fungsi
dan logika tiap modul, pesan kesalahan, proses input-output untuk tiap modul,
dan lain-lain.
5. Coding
Dalam tahap ini dilakukan pemrograman terhadap setiap modul
yang sudah dibentuk.
1.1 Keuntungan V Model
ü
Bahasa
yang digunakan untuk merepresentasikan konsep V model menggunakan bahasa
formal. Contoh : dengan menggunakan objek model ataupun frame-frame •
Meminimalisasikan kesalahan pada hasil akhir karena ada test pada setiap
prosesnya
ü
Penyesuaian
yang cepat pada projek yang baru
ü
Memudahkan
dalam pembuatan dokumen projek
ü
Biaya yang murah dalam perawatan dan
modifikasinya
ü
V Model sangat fleksibel. V Model mendukung
project tailoring dan penambahan dan pengurangan method dan tool secara
dinamik. Akibatnya sangat mudah untuk melakukan tailoring pada V Model agar
sesuai dengan suatu proyek tertentu dan sangat mudah untuk menambahkan method
dan tool baru atau menghilangkan method dan tool yang dianggap sudah obsolete.
ü
V Model dikembangkan dan di-maintain oleh
publik. User dari V Model berpartisipasi dalam change control board yang
memproses semua change request terhadap V Model.
1.2 Kerugian
V Model
ü
Aktifitas
V-Model hanya difokuskan pada projectnya saja, bukan pada keseluruhan
organisasi. V-Model adalah proses model yang hanya dikerjakan sekali selama
project saja, bukan keseluruhan organisasi.
ü
Prosesnya
hanya secara sementara. Ketika project selesai, jalannya proses model
dihentikan. Tidak berlangsung untuk keseluruhan organisasi.
ü
Metode
yang ditawarkan terbatas. Sehingga kita tidak memiliki cara pandang dari metode
yang lain. Kita tidak memiliki kesempatan untuk mempertimbangkan jika ada tools
lain yang lebih baik.
ü
oolnya
tidak selengkap yang dibicarakan. SDE (Software Development Environment).Tidak
ada tools untuk hardware di V-Model. Tool yang dimaksud adalah “software yang
mendukung pengembangan atau pemeliharaan / modifikasi dari system IT.
ü
V
Model adalah model yang project oriented sehingga hanya bisa digunakan sekali
dalam suatu proyek.MODEL SIMPLE INTERACTION DESIGN
Simple Interaction Design Model Lifecycle Software adalah model yang menggabungkan tiga prinsip pengguna berpusat desain dan empat kegiatan desain interaksi. Prinsip User-Centered Design
Prinsip-prinsip ini dikembangkan oleh John D. Gould dan Clayton Lewis. prinsipnya adalah sebagai berikut:
1. Fokus pada pengguna dan tugas|
2. Pengukuran empiris
3. Desain Interatif
Dasar kegiatan Desain Interaksi Preece et al. menggambarkan model dasar untuk proses desain interaksi yang mencakup empat kegiatan seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Sejumlah akademisi dan lembaga desain terkenal telah menciptakan model yang sama. Zimmerman, J., Forlizzi, J., dan Evenson, S., dari Sekolah Desain di Carnegie Mellon University.
Kegiatannya adalah sebagai berikut:
1. Mengidentifikasi kebutuhan dan persyaratan mendirikan untuk pengalaman pengguna
2. Mengembangkan
alternatif desain yang memenuhi persyaratan
3.
Membangun versi interaktif dari desain
4. Mengevaluasi
apa yang sedang dibangun di seluruh proses dan pengalaman pengguna yang
menawarkan
Bentuk
dari simple interaction design model lifecycle software adalah sebagai berikut:
"Star Lifecycle Model(Harson & Hex, 1989)"
Dalam Siklus permodelan ini pengujian dilakukan terus menerus, tidak harus dikahir. Misalnya dimulai dari menentukan kosep desain (conceptual design ) dalam proses ini akan langsung terjadi evaluasi untuk langsung ternilai apakah sudah sesuai dengan kebutuhan user, bila belum maka akan terus berulang di evaluasi hingga benar-benar pas, selanjutnya apabila sudah pas, maka dari tahap evaluasi yang pertama akan lanjut ke proses yg selanjutnya yakni requirements/specification yakni memverifikasikan persyaratan rancangan tersebut, dan pada tahap itu juga langsung terjadi pengevaluasian seperti tahap pertama, dan selanjutnya akan tetap sama terjadi pada tahapan-tahapan selanjutnya yakni task analysis/fungsion analysis, pengimplementasian, prototyping hingga pada akhirnya terciptalah sebuah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan user.
Intinya pada rancangan model ini pengevaluasian dilakukan disetiap
tahapan tidak hanya pada tahapan akhir seperti model-model rancangan
yang lainnya. Berikut gambar modelnya.
- Analisa
Identifikasi kemampuan user, strategi yang digunakan untuk meningkatkan ketrampilannya, alat yang saat ini dipakai, masalah-masalah yang dialami, perubahan yang diinginkan baik dalam ketrampilan maupun peralatan.
Metode : tanya kemampuan user dan buat daftar dengan skala prioritas, observasi ketrampilan di lapangan. - Evaluasi kompetisi
Tentukan kekuatan dan kelemahan rancangan
Metode : pengguna diminta untuk mencoba menggunakan berbagi produk dan minta untuk menyebutkan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing produk. - Rancangan sambil jalan
Gunakan hasil analisa untuk membuat alternatif solusi, minta masukan sampai dengan penentuan pilihan yang terbaik.
Metode : tanyai user sehubungan dengan pengalaman menggunakan prototipe. - Evaluasi dan Validasi
Secara periodik user memberikan masukan selama pengembangan dan perancangan akan diulang berdasarkan masukan tadi.
Metode : amati kebutuhan pokok user dalam menggunakan sistem. - Benchmark
Memadukan hal-hal terbaik yang dimiliki pesaing untuk diterapkan dalam sistem yang dibangun Metode : menggali informasi dari user hal-hal yang sebaiknya ada dibandingkan dengan kompetitor, contoh : situs IBM.
MODEL STAR LIFE CYCLE
Gambar: Star Life Cycle Model
Ada beberapa penjelasan dari gambar di atas:
- Analisa
Identifikasi kemampuan
user, strategi yang digunakan untuk meningkatkan ketrampilannya, alat yang saat
ini dipakai, masalah-masalah yang dialami, perubahan yang diinginkan baik dalam
ketrampilan maupun peralatan.
Metode : tanya kemampuan user dan buat
daftar dengan skala prioritas, observasi ketrampilan di lapangan.
- Evaluasi Kompetisi
Tentukan kekuatan dan kelemahan
rancangan
Metode : pengguna diminta untuk mencoba menggunakan berbagi produk dan minta
untuk menyebutkan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing produk.
- Rancang Sambil Jalan
Gunakan hasil
analisa untuk membuat alternatif solusi, minta masukan sampai dengan penentuan
pilihan yang terbaik.
Metode : tanyai user sehubungan dengan pengalaman menggunakan prototipe.
- Evaluasi dan Validasi
Secara
periodik user memberikan masukan selama pengembangan dan perancangan akan
diulang berdasarkan masukan tadi.
Metode : amati kebutuhan pokok user dalam menggunakan sistem.
- Benchmark
Memadukan
hal-hal terbaik yang dimiliki pesaing untuk diterapkan dalam sistem yang
dibangun Metode : menggali informasi dari user hal-hal yang sebaiknya ada
dibandingkan dengan kompetitor, contoh : situs IBM.
REFERENSI:-http://www.academia.edu/7585995/BAB_I_Model_Waterfall
-http://ayip7shortcutsharing.blogspot.co.id/2013/06/pengertian-model-v-keuntungan-model-v.html
-http://citrahuang99.wordpress.com/2013/01/21/citrahuang09-tugas-imk-model-siklus-hidup-
software-wordpress-com/
-http://erdi-susanto.blogspot.com/2012/11/paradigma-dan-prinsip-interaksi-manusia.html.
-http://imk-a.blogspot.com/2013/06/topik-3-paradigma-interaksi-prinsip.html
-http://renioctarinar.blogspot.co.id/2014/12/star-life-cycle-model-ada-beberapa.html#pages/1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar